Lucu deh..kalo dr Jkt ada sms tny lg ngapain..en ik jwb "lg bljr memandu"..responnya "heh? lagi ambil kelas jadi guide, Yan?"..hehehe... kalo jadi guide KL mah ga usah ambil kursus jg udh keburu fasih..
Memandu = nyetir gitu loh...
Ceritanya berhubung SIM Indonesianya dah lama banget mati, jd mau convert ke SIM Malaysia kan ga bisa. Gimana caranya ya biar boleh & bisa nyetir di KL, apalagi sering ditinggal Ayah...akhirnya meyakinkan diri utk ambil kursus memandu aja deh di KL. Apalagi dah bete banget bolak-balik ganti supir...biarpun termsk fasilitas kantor tp makan ati mlulu...biasa deh..mgkn entah kitanya as majikan yg terlalu baik smp suka pasrah aja pdhl tau lg "dimanfaatin" tuh supir2 mlokai..
Sebenernya udh ciut duluan denger cerita yg les nyetir di negri org lain..wah susah lho Yan..tau ndiri kan org sini..galak, jutek, dibentak2...bolak-balik ulang tesnya...haduhhh...smp khusus berdo'a & shalat hajat minta diberi kekuatan, keyakinan, kemampuan, kemudahan & keselamatan selama proses les nyetir.
Apalagi dpt support dr anak2 & ayah...liat deh replynya mas Bonie wkt ik ijin kursus.
From: Bonie Erwanto
To: dianpaham@yahoo.com
Sent: Friday, March 7, 2008 7:50:46 PM
Subject: Re: kursus
Ibu! Ibu! Ibu! Ibu! (Cheering mode on)
Sambil nyari2 informasi tempat kursus plus googling (disertai do'a minta yg manfaat dekatkan, yg mudharat jauhkan...sambil berharap dpt yg betul2 jodoh)..akhirnya nemu yg jdwlnya enak, mau jemput ke lokasi kita & harganya termsk paling murah stlh compare2 dg yg lain. Dan ternyata betul2 dikasih kemudahan Allah...litar (circuit latihan) nya jg ga jauh banget kaya tmn2 yg lain pd dpt tmpt lesnya..cik gu nya jg super duper sabar...pokoknya jauh dari yg ditakutkan sblmnya gara2 byk info cik gu yg ngajar tuh biasanya sangar, judes, galak... Mgkn Tuhan jg ngerti ya (ya iyalah...Allah Maha Tau) berhubung ik orgnya pan ngambekan..kalo diksh yg keras cik gu nya yg ada malah nanti mutung..
Ngambil SIM di KL prosesnya panjang. Pertama wajib masuk kelas KPP, dah bener2 kaya kuliah...seharian bo'...jam 8 pagi dah dijemput, baru pulang jam 4 sore..bener2 dikupas abis etiket & ilmu berkendaraan. Ga cuma mobil lho...belajar jg ilmu2 sepeda motor, bus, taxi..
Mana pake bahasa Malay pulak...eh jgn dikira katanya serumpun terus kita bisa gampang faham dg apa yg diomongin...beda lho Malay dg bahasa kita...sumpeehhh...
Rem = brek, setir = stereng, kopling = klac, klakson = hon, gas = minyak, bagasi = bonet, dongkrak = jak, ban = tayar, bensin = petrol, dll...etc..
Contoh:
"Menukar Tayar" = Apabila tayar bocor dlm perjlnan, kawal stereng & pandu keluar jln ry. Jgn tekan brek. Tarik brek tangan. Letakkan pengadang di bwh tayar pepenjuru dg tayar yg bocor. Keluarkan jak, sepana & tayar ganti. Tanggalkan tudung tayar dg pemutar skru. Longgarkan nat sblm kenderaan dibicukan. Letakkan bicu di atas permukaan tanah yg keras. Pamkan bicu shg tayar dinaikkan ke paras 10sm. Tanggalkan nat & letakkan ke dlm tudung spy tdk kehilangan. Tanggalkan tayar yg bocor & pasangkan tayar ganti serta skru semula nat tetapi tdk ketat. Turunkan kenderaan. Ketatkan semua nat dg sepana & pasang semula tudung tayar.
(Hmmm...gimana selama ini ik kagak kangen ma majalah & koran2 tanah air...yg ga bikin sakit mata bacanya & ga bikin otak cape mikir artinya...)
Mo nekad ga peduli ga baca buku teori? Weleh jgn salah, tes pertama yg hrs lulus yaitu tes komputer. Dah kaya mau TOEFL or GMAT gitu persiapannya. Diksh latihan soal. Dan tesnya itu wktnya terbatas lho. Bahkan ada bagian yg ngga boleh salah sama sekali, sblm bisa lanjutin ke halaman tes selanjutnya.
Ini baru tes komputer aja udh tes nyali jg..denger cerita yg katanya jarang2 yg lolos sekali..mana petugasnya jg jutek abis..nyuruh ambil foto aja dah kaya manggil calon tahanan penjara.. Begitu klik soal terakhir deg2an banget krn hasil lgs keluar saat itu jg.. Alhamdulillah full mark (kaya Reyhan & Nadiva aja di sekolah)..
Dah lulus tes teori begini msh blm boleh pegang setir jg lho. Msh hrs ngelewatin kelas bengkel dulu bo'. Again...seharian lg...dijemput jm 8, jam 9 dah masuk kelas & baru bubar jam 5 sore. Ngapain ajah? Ya bener2 bljr bagian2 mobil, mesin & maintenancenya. Wong smp terluka2 pas giliran praktek ganti ban. Blm lagi kudu tiarap di bwh mobil demi tau cara ganti oli & air radiator. Dan ini praktek langsung di lapangan, bukan di kelas..jd kebayang kan panas & kebulnya...bener2 serasa montir dg tangan belepotan oli..
Yakin gw rasa suami sendiri jg seumur hidup blm pernah buka ban sendiri biarpun bocor..
Ngapain sih pake cape2 ikut kelas begituan? Yah emang prosedurnya begicuuwww lhoowww... Nekad mo cabut? Kalo bisa ninggalin jempol sih gapapa...Soalnya absennya pake cop jempol alias thumb scan.
Baru deh stlh lewat tuh kelas basic, kita ngajuin lesen L (license L)..SIM buat belajar di jalan.
Yg hanya boleh dipake mengendarai mobil yg pake sticker L.
Total latihan praktek 10 jam, kalo kurang boleh nambah lg. Tapi tetep ga bisa 10 jam dirapel dalam 2 hari misalnya, walopun dah jago juga, krn kita baru bisa ngajuin tes praktek itu minimum 1 bulan stlh lesen L keluar. Bagus jg peraturan begini, jadi yakin bhw cukup waktu latihan sblm "nekad" ambil ujian praktek.
Hmm selama latihan di jalan, serasa mesra banget deh ma pelatihnya..soalnya mobil (kereta) yg boleh dipake latihan itu standar semua yaitu si Kancil..kebayang dong shoulder to shoulder, knee to knee.. Jd kebayang kan kalo dpt cikgu nya yg galak...aura stress dah memenuhi ruangan mobil latihan.
Kalo di Indonesia, kan latihan ya langsung aja hajar bleh ke jalan umum..kadang utk latihan nanjak aja nyari2 komplek perumahan yg berbukit..apapun jadi..ga perlu dedicated lokasi. Kalo di sini tiap sekolah pny circuit khusus buat latihannya. Dan yg dilatihanin (heh? kok aneh jg bhs indonesia?) ya cuma yg bakal dites aja nantinya.
1. Bukit (tanjakan). Bedanya dg wkt dulu ujian di Jkt yg cuma asal ga mundur, kalo di sini di puncak tanjakan itu ada garis batas tempat ban ga boleh keluar dari garis yg ditentukan, ga boleh terlalu maju & ga boleh terlalu mundur pas brenti pas di puncak...plus tentu aja stlh berhasil brenti di puncak pas, nah kudu maju lagi tanpa boleh mundur atopun ngelewati batas garis yg ditentukan. Lebih stress lagi kan...
2. Parking alias parkir paralel. Dulu enak bs liat patokan tiang, kalo skrg ga ada tiang, jd hrs pake feeling & merhatiin garis batas di bwh aja. Lbh susah kan, ngelindes dikit tuh garis aja dah lgs failed.
3. Tiga penjuru. Gerakan masuk area parkir yg ditentukan, parkir masuk dpn duluan terus langsung mundur & keluar dg arah berlawanan dari td masuk, tanpa boleh mati mesin & hny boleh 2x brenti aja.
Masing2 dibatesin max 3 menit.
Selanjutnya utk tes jalan jg ada 2 macam jalur yg hrs dihapal rute yg sdh ditentukan JPJ (jawatan pengaturan jalan raya).
1. Jalan raya.
2. Jalan perumahan.
Selain ga boleh lupa rute jalannya & tentunya ga boleh ngelanggar rambu apapun (kalo berhenti gimana, di simpang gimana, ada box kuning/junction box gimana, batas kecepatan tiap jenis jln gimana, dll.), termasuk yg dinilai & ga boleh salah adalah sikap kita termsk sblm mulai jalan. Stepnya dari mulai duduk, benerin kursi, spion, cek sign, wiper, hazard...sampe ke pasang tali keledar (terjemahan bebas dari "seat belt" buat pembaca awam)..ga boleh salah urutan apalagi sampe kelewat..bisa2 langsung diturunin tengah jalan sama petugas pengujinya...eh suerrrr...beneran.
Wah dah lama tdk berstatus "student" yg siap2 menghadapi ujian. Waduh jgn ditanya stressnya..mulesnya.. Kaya mau ngadepin Fir'aun kali ya.. Dhuha, tahajud, shalat hajat, banyakin infaq & sodaqoh, wirid, puasa. Belum lagi pas hari H ujian, pagi2 minta do'a ke semua org (terutama yg sholeh2..hehehe). Rasanya tidur semalem pun ngambang, mimpinya aja isinya "nanjak" melulu. Ga brenti ngucap bismillahi tawakaltu ala Allah, wa la haula wala quwata ila billah.. Blm naik mobilnya aja udh bolak/ik ngedo'a Ya Allah hny Engkau lah yg menguasai kendaraan & penguji..mudahkanlah..berilah petunjuk & lindunganMu..
Bukannya apa2..wkt dulu di US aja kan tesnya pake mobil sendiri, jd feelingnya udh megang kan. Lha ini udh diliat ratusan org yg antri tes, terus random pula nomor kita dipanggil (udh kaya gerombolan si berat deh...daku kudu ngapalin "hijau 23" yg sewaktu2 dipanggilnya)..eh mobilnya jg ga bisa milih..alias ya pasrah aja dpt mobil yg mana utk msg2 tes. Kacau kan..kudu bolak/ik nyesuain dadakan dlmnya gas & kopling berikut kencengnya rem tangan utk msg2 mobil per tes.
Belum lagi kalo liat petugas2 penguji dari JPJnya..wiihh..gede2...no senyum...kaca mata item...body tentara (termsk yg ceweknya..malah lbh galak kayanya).
Biarpun dah antri dari 7.30 & dipanggil utk tes terakhir baru jam 15.30...akhirnya berakhir sudah... Alhamdulillah masing2 tes hasilnya lulus dlm sekali percobaan semua. Kalo ngga, bayangin aja kudu ngulang semuanya lagi...waahh tobat...makasih...
Horee...dalam 1.5 bulan (itupun kepotong libur bljr krn pas ketamuan keluarga Lebak Bulus)..jam 7 pagi (msh gelap2 gitu loh) En. Anuar (cikgu memandu tersabar yg pernah daku tau) mengantarkan lesen P kuww...
And ga lupa pasang sticker
Wah ternyata penuh perjuangan bo' kalo ambil SIM di KL ini..bener2 ga cuma kursus nyetir tp kursus mental jg. Tp alhamdulillah begitu byk manfaat ilmu yg didapat, jd ga cuma dpt lesen (license) di tangan aja. Coba deh di Jkt proses ambil SIM kaya gini...dijamin kosong song tuh jalanan Jkt..hny yg beradab, berilmu & bermental layak yg bakal lolos.
Pengalaman tak terlupakan & sangat berharga...
Jazakumullah khoiron katsir utk Kak Nor & En. Anuar... Buat yg mau ambil SIM di KL, daku rekomen banget deh ambil kursus dg mrk. RM600 di IMKL. Hpnya +60169626113. Dibanding pelatih lainnya, yg ini selain sabar jg ngasih tips & trick2nya ga ribet kaya cikgu2 yg lain.
Friday, May 2, 2008
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
2 comments:
sulamet ah.... bisa nebeng dong deh :-)
Hello mbak.. hehe.. aku jg baru aja dpt sim P, pake kursus jg disini. Bener2 deh, rada susah ngerti bhsnya. Apalagi yg ngajarin g itu uncle2 kaga bisa bhs melayu, mn bhs chinese g rada ancurr..... nebak2 sendiri dia omong apa, jadinya sering salah, sering kena marah.. huhu... puji Tuhan, akhirnya lulus juga...
Post a Comment